Bertujuan Beri Ruang Aman untuk Perempuan Berbagi Cerita, PARAPUAN Luncurkan Podcast Perdananya

0
26

Parapuan. co kacau Lima tahun lalu, konten berbentuk podcast masih belum terlalu dikenal masyarakat. Sebab podcast hanya bisa didengarkan melalui aplikasi iTunes saja, sehingga konten ini berkelakuan eksklusif.

Namun sekarang, podcast sendiri bisa didengarkan mencuaikan berbagai platform , seperti Apple Podcast, Google Podcast, Anchor, Spotify, Stitcher dan platform sejenis yang lain. Nah di platform Stitcher sendiri, podcast lebih penuh dibawakan oleh host laki-laki, seperti yang dilansir lantaran Forbes. com .

Baca Juga: Merasa Minder? Ini 4 Cara Agar Kamu Selalu Percaya Diri Setiap Keadaan

Perbandingannya, dari 100 podcast yang menduduki chart teratas, terdapat 71 podcast yang dibawakan oleh laki-laki . Sementara hanya ada 11 podcast dengan dibawakan oleh perempuan.

Perkembangan dunia podcast yang semakin pesat membuat perempuan semakin mengambil peran di kian. Terbukti pada tahun 2017, podcast populer tema kriminal bertajuk “Serial” yang dibawakan Sarah Koenig, menembus nilai 5 juta unduhan dan menjadi podcast dengan host perempuan pertama yang berkembang pesat dalam iTunes.

Nah di Nusantara sendiri, perempuan juga lulus menduduki peringkat pertama chart podcast. Melansir dari Kompas. com , pada tahun 2020 kemarin, podcast bertajuk Rintik Sedu yang dibawakan oleh penulis N. Tsana, telah berhasil menduduki kondisi teratas pada chart podcast Spotify. Ia berhasil melibas Podkesmas dan Desta-nya Siapa? yang menempati posisi ke-2 dan ketiga.


Tak ingin ketinggalan meningkatkan kedudukan perempuan di dunia podcast, PARAPUAN kini telah meluncurkan podcast pertamanya. Dengan bahan untuk memberi ruang tenteram bagi perempuan untuk berbagi cerita, podcast ini nantinya akan menghadirkan berbagai rujukan perempuan dari berbagai latar belakang, profesi dan domisili.

Baca Juga: Dianggap Tidak Berharga, Menjadi Salah Satu Penyebab Inner Child Terluka, Ini Penjelasannya!

Nah di episode pertama ini, PARAPUAN mengundang Rosianna Silalahi, News Director KompasTV sebagai bintang tamu buat membicarakan soal “Jadilah Pemimpin untuk Dirimu. Jangan Dengar Apa Kata Orang”.

Putaran pertama podcast Cerita Hawa ini sudah bisa Kawan Puan dengarkan lo di Spofity. Klik pranala beserta ya untuk bisa tepat mendengarkan!

Oh iya, selain di Spotify, Kawan Puan juga bisa melihat video obrolan PARAPUAN dan Rosianna Silalahi ini di Youtube Cerita Parapuan .

Jangan sampai kelewatan episode pertamanya ya, Kawan Puan! (*)