Bakamla RI Terjunkan KN Belut Bahar untuk Bantu Kapal Tanker Berbendera Iran yang Kandas di Batam

0
52

Laporan Wartawan Tribunnews. com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Kantor Keamanan Laut Zona Maritim Barat Bakamla RI masih berupaya dalam penanganan kapal kargo berbendera Iran dengan kandas di Perairan Batam hingga Rabu (13/5/2020).

Pesawat kargo dengan nama lambung Shahraz, diketahui melintasi perairan Batu Berakhir Sambu, Batam, Kepulauan Riau.

Berdasarkan bahan yang diperoleh dari Maritime and Port Authority (MPA) Singapura, kapal tersebut diketahui kandas pada pukul 02. 32 WIB, Senin (11/5/2020).

Baca: Bakamla RI Amankan 47 TKI sebab Malaysia yang Masuk Indonesia Melalui Jalur Tikus

Dalam keterangan resmi Humas Bakamla RI kapal tersebut mengalami benturan karang sehingga sulit bergerak biar air laut naik.

Baca: Bakamla Amankan 107 Ton Minyak Ilegal di Tanah Condong yang Diangkut Kapal Empat Saudara

Sesudah melakukan koordinasi dengan Kesyahbandaran serta Otoritas Pelabuhan (KSOP) Batam, dan Basarnas, dilakukan tindakan penanganan pesawat kargo Shahraz dengan cara mengirim sebagian muatan kontainer sehingga menguatkan untuk kapal ditarik menuju pelabuhan Batu Ampar, Batam.

“Kantor Kamla Zona Maritim Barat Bakamla RI menerjunkan KN Belut Laut-406 untuk membantu dan menyala sana dengan unsur laut TNI AL, Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), dan POLAIR yang secara bergantian memantau situasi status di lapangan, ” dikutip dalam keterangan resmi Humas Bakamla RI pada Rabu (13/5/2020).

Selain itu, terdapat pula Tim dari Badan Nasional Pencarian & Pertolongan (BNPP) yang bersiap pada posko KSOP Batam.

Pemasangan oil boom juga dikerjakan untuk antisipasi terjadi kebocoran minyak di beberapa titik pada badan kapal.

Dengan serupa itu, tumpahan minyak dapat terkurung dan tidak menyebar ke perairan.

Operasi penyelamatan oleh tim gabungan dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19.