Dukung Swasembada Daging Sapi, Klub NTB Apresiasi Kehadiran Kapal Ternak Di Pelabuhan Calabai

0
31

TRIBUNNEWS. COM – Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut memper kapal ternak di Pelabuhan Calabai, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kapal ternak ini dapat dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Dompu dan sekitarnya. Pelepasan perdana angkutan khusus ternak tersebut merupakan bentuk optimalisasi konektivitas tol bahar dan mendorong swasembada keturunan sapi yang dilakukan langsung oleh Bupati Dompu, Kader Jaelani.

Kabupaten Dompu adalah sebuah kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Ibu kotanya adalah Dompu. Kabupaten itu berada di bagian pusat Pulau Sumbawa.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Calabai, Hani Mamengko menyebutkan pihaknya akan terus mewujudkan sinergi dan koordinasi secara Pemerintah Daerah (Pemda) setempat serta stakeholder terkait lainnya untuk memanfaatkan kehadiran Kapal Ternak tersebut.

“Kami menerima peluang pengiriman hewan ternak sapi melalui jadwal rutin kapal Tol Laut meniti Pelabuhan Calabai, ” ujarnya, Selasa (22/6).

Hani menegaskan, Kapal Ternak tentunya memiliki banyak keunggulan dan manfaat, terutama daripada segi biaya atau ongkos yang murah karena tersedia subsidi dari pemerintah.

Selain itu, diharapkan kualitas daging yang bersumber dari daerah tersebut menjelma meningkat dan lebih jalan lagi.

“Untuk meminimalisir biaya pengiriman hewan ternak, ke depannya akan bekerjasama dengan perusahaan yang dapat mengirim daging lembu beku melalui kontainer, ” ujarnya.

Hani juga menyampaikan atas tanda Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Dompu telah mencanangkan & mensukseskan peresmian tol laut khusus pengangkutan ternak dalam pelabuhan Calabai.

“Banyak tahapan yang sudah dilewati dengan berbagai kasus, kami mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Dompu atas jerih payah sehingga terlaksana kegiatan transmisi ternak, ” ujarnya.

Ke depannya, Dia berharap komoditi lain sebab daerah tersebut juga sanggup diangkut melalui kapal Pungutan Laut. “Kami berharap pengangkutan Komoditi Jagung dapat dikerjakan melalui kontainer Serta buatan bumi lainnya seperti jambu Mente, ” ungkapnya.