Waspadai Pinjaman Online: Pinjam Rp 1 Juta, Cair Rp 600 Ribu, Harus Dasar 14 Hari

0
41

TRIBUNNEWS. COM, YOGYA – Akhirusanah 2019 menjadi waktu yang mengerikan bagi Yosep. Tempat tidak menyangka, dirinya diteror habis-habisan oleh debt collector atau penagih utang kelanjutan tidak bisa membayar pinjaman tepat waktu.

Yosep, warga Kota Yogyakarta itu memang pernah mengajukan pinjaman kepada perusahaan fintech lending atau pinjaman online (pinjol).

Menurutnya, pengajuan pinjaman tergolong gampang karena hanya perlu memakai Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan foto diri memiliki KTP itu.

Namun roman, dia tidak paham kalau perusahaan pinjol yang dia ajukan itu ilegal serta tidak terdaftar di OJK.

Dia tidak paham ada pinjol halal maupun ilegal. Yang dia tahu, bagaimana caranya memperoleh uang cepat untuk digunakan sebagai modal berjualan.

“Saya tidak jadi pinjam bank. Syaratnya ribet dan lama. Padahal beta butuh cepat untuk jualan saya, ” kata Yosep kepada Tribun Jogja.

Berbekal kuota internet, Yosep mencari tahu bagaimana caranya mendapatkan uang cepat sejak internet. Betul saja, tempat menemukan sejumlah perusahaan fintech lending yang dengan barangkali meminjamkan uang kepada jemaah hanya bersyarat KTP & foto memegang identitas muncul.

“Iya, saya browsing di HP tersebut. Terus saya coba mulia, lupa saya namanya. Tak sampai 30 menit duitnya langsung cair. Hebat banget itu, ” jelasnya.

Saat menerima uang, dia tidak berpikir ada risiko di balik tersebut semua. Dia hanya meminjam Rp 1juta dan reda sekitar Rp 600 ribu.

Meski tidak cair utuh, bagi Yosep, lebih baik mendapat Rp 600 ribu daripada tidak sama sekali. Ketentuannya, kekayaan Rp1 juta itu wajib dikembalikan selama 14 keadaan.