Prinsip Baru Protokol Kesehatan Dirilis WHO: Ventilasi di Gedung hingga Memakai Masker di Ruangan

0
68

Surya/Ahmad Zaimul Haq

Tim penyemprot awahama oleh warga RSS TNI AL Wonosari, Ujung, Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Bakti Sosial Penanggulangan Bencana Non Alam Penyebaran Wabah Covid-19, Rabu (8/7/2020). Bakti sosial itu untuk memutus mata ikatan penularan virus corona atau Covid-19 di Indonesia yang masih tumbuh, khususnya di wilayah Kota Surabaya. Dalam kegiatan tersebut didistribusikan 1. 000 paket sembako, rapid test untuk 100 KK, pembagian 898 alat cuci tangan, dan 6 unit alat penyemprot disinfektan. Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga turut membantu dengan menyerahkan sejumlah tumpuan seperti pendeteksi sebanyak 5 pokok, 15. 000 masker, 500 pampers, 26 liter cairan disinfektan, 100 baju hazmat. Surya/Ahmad Zaimul Haq

TRIBUNNEWS. COM – Pedoman baru protokol kesehatan tubuh terkait virus Corona dirilis oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

WHO mengeluarkan pedoman perdana protokol kesehatan ini setelah adanya laporan penularan virus Corona melalaikan udara.

Meski serupa itu, dalam rilis pedoman baru protokol kesehatan ini, WHO belum mengenai soal penularan virus Corona melalui udara.

Karena menurut mereka perlu penelitian lebih lanjut terkait laporan tersebut.

“Sangat dibutuhkan analisis kejadian seperti itu dan memperhitungkan signifikansinya untuk penularan Covid-19. ” demikian pernyataan dari WHO, dikutip dari SCMP.

Panitia dan peserta menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara selektif dalam pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Menyelundup Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Intitut Teknologi Bandung (ITB) 2020, di SMAN 5, Jalan Belitung, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (5/7/2020). Tribun Jabar/Gani Kurniawan (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

WHO melegalkan dalam pedoman transmisi terbarunya beberapa laporan yang berkaitan dengan kawasan yang penuh sesak di dalam ruangan telah menunjukkan kemungkinan transmisi aerosol.

Seperti semasa latihan paduan suara atau dalam restoran dan kelas kebugaran.

Baca: Pengasuh Ponpes Sempon Jatisrono Positif Corona, Siap Klaster Baru Covid-19 Wonogiri

Berdasarkan tinjauan tanda, WHO mengatakan virus yang menimbulkan Covid-19 menyebar melalui kontak secara permukaan yang terkontaminasi.

Termasuk kontak dekat dengan karakter yang terinfeksi yang menyebarkan virus.

Sedangkan penyebaran terjadi melalui air liur, sekresi pernapasan ataupun tetesan yang dikeluarkan ketika karakter yang terinfeksi batuk, bersin, berbicara atau bernyanyi.

Amazon memamerkan robot AR Sebagai ‘asisten’ baru yang dirancang khusus untuk membantu para praktisi dalam menjaga jarak sosial (social distancing) sejauh enam kaki, cocok prosedur yang ditentukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). (dok. Amazon)