Korea Selatan Kirim Bantuan RT-PCR Test Kit Senilai USD 500. 000 Untuk Indonesia

0
21

Petunjuk Wartawan Tribunnews. com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – KBRI Seoul dan Garuda Indonesia telah memfasilitasi pengiriman tumpuan berupa RT-PCR test kits dibanding pemerintah Korea Selatan untuk Nusantara, Jumat (24/4/2020).

Adapun nilai total bantuan pemerintah Korsel untuk mendukung Indonesia dalam penanganan wabah Covid-19 senilai USD 500. 000 atau setara dengan Rp 7, 8 miliar.

Baca: Pandemi Corona, Perlombaan Dugaan Korupsi yang Diterima KPK Menurun

Bantuan ini merupakan tumpuan tahap kedua setelah tahap pertama berupa rechargeable battery power sprayer untuk penyemprotan disinfektan yang telah dikirim pada 8 April 2020 lalu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Selasa (21/4/2020) juga telah melakukan pembicaraan dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-In.

Keduanya sepakat untuk mempererat kerja sama internasional dalam penanganan Covid-19.

Baca: Kompas TV Persembahkan Pementasan Amal Dari Rumah Bersama Rhoma Irama

“Terima kasih Korea atas solidaritas & dukungan yang diberikan kepada Indonesia dalam menghadapi wabah Covid-19, ” dikutip dari instagarm @kbri_seoul

Selain bantuan dari negeri Korsel, KBRI Seoul juga menyediakan pengiriman bantuan dari dua perusahaan Korsel mitra Indonesia dalam kerja sama industri pertahanan yaitu Korea Aerospace Industries (KAI) dan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) berupa RT-PCR test kits.

Berdasarkan keterangan KBRI Seoul pada Jumat (24/4/2020), Dubes MENODAI untuk Korea Selatan, Umar Hadi juga telah melakukan pertemuan dengan pihak DSME maupun KAI untuk membicarakan bantuan alat kesehatan penangan Covid-19 yang akan diberikan kepada Kementerian Pertahanan RI.

Baca: Politikus PAN Ucap Lucu Penjelasan Istana Soal Pegangan dan Pulang Kampung

KAI merupakan perusahaan pemasok alutsista bagi TNI, sedangkan DSME merupakan pabrik kapal terbesar kedua di Korsel yang memiliki kerjasama proyek kapal selam diesel-elektrik dengan PT PAL Surabaya untuk hajat TNI Angkatan Laut.

Dalam pertemuan tersebut Umar Hadi menyambut gembira serta menyampaikan ucapan terima kasih berasaskan bantuan yang diberikan kedua perusahaan pada pemerintah Indonesia.

Korsel adalah mitra strategis istimewa Indonesia, yang mana kedua negeri berkomitmen untuk terus berkolaborasi pada mengatasi pandemi Covid-19.